Konsep Dasar Fabrikasi Struktur Jembatan Baja

Tujuan dari modul ini adalah untuk menjelaskan konsep-konsep dasar fabrikasi struktur jembatan baja. Hal ini dimaksudkan untuk melayani sebagai sumber daya untuk insinyur sambil mempersiapkan desain struktur dan sebagai referensi sepanjang siklus hidup dari jembatan. Pengguna panduan ini harus akrab dengan AASHTO/NSBA Steel Bridge Collaboration Documents, S2.1 Steel Bridge Fabrication Guide Specification (1), dan G12.1, Guidelines for Constructability (2).

Metode yang digunakan dalam pembuatan struktur jembatan adalah sebagai variabel dari struktur itu sendiri. Istilah dan prosedur yang tercantum dalam teks bersifat umum dan tidak mencerminkan proses setiap perusahaan tunggal. FABRICATOR masing-masing memiliki cara sendiri untuk menyelesaikan masalah yang terkait dengan struktur masing-masing. Modul ini adalah untuk melayani sebagai dokumen referensi untuk memfasilitasi FABRICATOR / komunikasi para insinyur.

Jadi ada baiknya para insinyur yang baru lulus dan langsung bekerja di sebuah perusahaan manufaktur fabrikasi supaya mau membaca buku pedoman tentang struktur fabrikasi konstruksi baja. Bagaimana caranya untuk mempersiapkan dokumen fabrikasi struktur jembatan baja, hal ini perlu anda ketahui jauh-jauh hari sebelum anda terjun langsung menangani sebuah proyek fabrikasi struktur jembatan baja.

Dokumen apa saja yang perlu anda pelajari didalam sebuah perusahaan manufaktur fabrikasi konstruksi baja, mungkin antara perusahaan yang satu dengan yang lainnya tidaklah sama, tetapi anda harus tahu konsep dasar fabrikasi struktur jembatan baja.

Dokumen yang perlu anda ketahui dan yang perlu anda persiapkan adalah sebagai berikut :

  1. Fabrications Order (FO)
  2. Materials Order (MO)
  3. Shop Drawing Fabrication
  4. Bill of Quantity or Assembling Fabrication Program
  5. Time Schedule Project
  6. Cutting and Drilling Materials Component
  7. Assembling, Welding and Finishing Fabrication Process.
  8. Quality Control Progress
  9. Shotblast or Sandblast and Painting Progress.
  10. Packing and Delivery Document

Nah..!, semua dokumen yang saya sebutkan diatas itu perlu anda pelajari dan anda buat untuk kepentingan anda sendiri selaku pelaksana langsung dalam memproduksi sebuah struktur jembatan baja dan anda adalah sebagai yang bertanggung jawab penuh untuk menyelesaikan semua proses fabrikasi struktur jembatan baja.

Mulailah dari awal anda mempelajari tentang seluk beluk proses Fabrications Order (FO), Materials Order (MO), Shop Drawing Fabrication, Bill of Quantity or Assembling Fabrication Program dan setrusnya sesuai dengan urutan yang saya sebutkan diatas.

Apabila anda sebagai insinyur fabrikasi bisa memahami semua proses dan progres yang saya sebutkan diatas, maka anda akan tidak banyak mengalami masalah dalam memimpin sebuah proses produksi fabrikasi struktur jembatan baja.

Mudah-mudahan dari tulisan saya ini bisa menambah wawasan buat anda para insinyur yang baru lulus dan baru pertama kali bekerja di perusahaan manufaktur fabrikasi konstruksi baja. Salam dari penulis.

Penulis : Daniel Robinson _ Blogger_wordpress.com

Weblog https://fabrikasikonstruksibaja.wordpress.com

Advertisements

Comments are closed.